Selasa, 06 Desember 2011

CAT KAPAL

,
Cat Kapal pada umumnya sebutan untuk marine coating atau marine paint, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan cat marine atau cat kapal, cat kapal termasuk deretan jenis cat yang berkelas dan berkualitas, karena cat kapal sendiri di fungsikan untuk melindungi bagian – bagian kapal agar terhindar dari korosi dalam jangka waktu yang cukup lama. Sifat proteksi pada cat kapal sangat diutamakan mengingat kapal terus menerus berhadapan dengan air laut yang mengandung garam yang sangat tinggi (NaCl), disamping itu cat kapal sendiri juga berhadapan langsung dengan cuaca yang tiada henti-hentinya, yaitu hujan, panas dan dingin. Kombinasi resin dan pigment serta additive dalam material cat kapal mempunyai sifat atau karakteristik yang sangat baik. 

Cat Kapal Besi
Jenis kapal pada umumnya dibagi menjadi dua  bagian yaitu kapal besi dan kapal kayu, sebutan untuk kapal besi karena kapal tersebut terdiri dari material yang sebagian besar terbuat dari besi atau steel, sama halnya dengan kapal kayu sebutan untuk kapal kayu karena kapal tersebut terdiri dari material yang sebagian besar terbuat dari kayu. Proses sistem pengecatan pada kapal besi berbeda dengan proses pengecatan pada kapal kayu, pada Cat Kapal Besi sistem 3 lapisan pada under water sangat dianjurkan dan sistem ini sudah menjadi sistem secara umum. Jenis dan ragam macam cat kapal untuk besi sangat bervariatif sesuai dengan nama bagian-bagian yang ada pada kapal tersebut, diantaranya under water (bottom), sisi atas samping (bootop), bagian tas kapal (top side), ruang mesin (engine room), ruang dalam kapal (indoor room), lantai dasar kapal(deck side) dan lainnya.
  
Cat Kapal Kayu
Jenis kapal kayu sebutan untuk Cat Perahu / kapal kayu karena kapal tersebut terdiri dari material yang sebagian besar terbuat dari kayu. Proses sistem pengecatan pada kapal kayu /perahu sangat lah sederhana karena sistem pada Cat Kapal Kayu dianjurkan menggunakan sistem dua lapisan, yaitu primer coat dan finish coat. Primer coat pada kapal kayu dilengkapi dengan resin dan pigment serta additive yang dapat mencegah kayu agar tidak mudah lapuk, dimakan rayap dan korosi karena resapan air laut. Finish coat pada kapal kayu disarankan yang dapat memberikan proteksi agar supaya kayu terlindungi dari cuaca hujan, panas dan dingin.